Water Filter For Environment (Review Kedua - salah satu konten di portal rumahbelajar.id)


(Review Kedua - salah satu konten di portal rumahbelajar.id)

Mengunjungi portal rumahbelajar.id menjadi trend peserta VCT Batch sebagai pemenuhan tugas dalam kegiatan workshop VCT Batch ini. Awalnya saya membuka portal ini hanya sebagai pemenuhan tugas, akan tetapi hal itu berubah ketika saya menemukan banyak konten yang menarik di dalamnya. Konten-konten yang terdapat di portal rumahbelajar.id sangat beragam sekali, diantara konten tersebut bisa kita terapkan dalam pembelajaran atau dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu konten yang menarik dan membuat saya antusias untuk mereviewnya adalah konten dengan judul Water Filter For Environment. Konten ini adalah sebuah video dengan narasumber ibu Nur Fitriana dari SDN Deresan Sleman Yogyakarta yang mengajarkan materi kepada siswa kelas 2 dengan tema kebersihan, khususnya kebersihan air. Ibu Fitriana mengambil tema ini karena air adalah salah satu kebutuhan yang penting bagi kehidupan, apalagi pada musim kemarau seperti ini yang pada beberapa daerah sangat sulit sekali menemukan air bersih. Ibu Fitriana akan mendampingi siswa bagaimana mempraktikkan cara menyaring air yang kotor/keruh sehingga bisa lebih jernih.

Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok membawa botol bekas dan beberapa bahan untuk filternya seperti arang, batu kerikil, pasir, kertas, tissue dan serabut kelapa. Air yang akan disaring adalah air yang keruh yang dicampur dengan lumpur. Anak-anak diberikan kesempatan untuk menyusun bahan-bahan tadi sehingga air yang disaring menjadi jernih. Anak-anak bisa merubah-ubah susunan dan merapatkan bahan yang dimasukkan. Dari sini siswa terbentuk High Order Thinking Skillnya, mereka teruji ketika mereka mencoba dan terus mencoba menyusun bahan tadi sehingga air menjadi jernih.

Metode yang patut dicoba oleh Bapak/Ibu Hebat, sehingga materi di kurikulum 2013 bisa membentuk siswa berfikir kreatif daripada sekedar menghafal. Di sini terdapat perpaduan antara HOTS (High Order Thinking Skill) dan juga STEM Education (Science, Technology, Enginering and Math). Science, bagaimana mereka belajar tentang sifat batu, serabut kelapa, benda cair, bakteri, kesehatan tubuh dsb. Enginering, ketika mereka menyusun bahan filter sehingga menjadi water filter yang terbaik. Technology, pada awal pembelajaran siswa diperlihatkan video tentang kota mana saja yang kekurangan air dan berusaha membuat water filter dengan bahan/alat sederhana di lingkungan mereka. Math, mereka mengukur volume air yang masuk dan keluar, banyaknya komposisi dari bahan yang digunakan untuk menyaring.

Bapak/Ibu Hebat tertarik untuk menyimak videonya??? klik link ini Water Filter For Environment di portal rumahbelajar.id tentunya. Salam VCI...VCI Bekerja dengan Hati