3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual-Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

3.1.a.7. Demontrasi Kontekstual-Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran



Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP dapat mengambil keputusan berdasarkan pengetahuan yang telah dipelajarinya tentang keempat paradigma dilema etika, ketiga prinsip dilema etika, dan 9 langkah pengujian keputusan pada konteks di sekolah asal masing-masing.

Panduan Pertanyaan/Guiding Questions:

1. Bagaimana Anda nanti akan mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang Anda dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal Anda?

CGP berusaha untuk belajar dan berbagi. CGP mempelajari dan berusaha untuk memahami materi yang disampaikan dalam Program Guru Penggerak ini. Selain itu, CGP juga berusaha berbagi, mentransfer setiap ilmu yang didapatkan kepada rekan guru di sekolah melalui obrolan santai, diskusi-diskusi maupun dengan kegiatan sosialisasi. CGP juga mempunyai Komunitas Praktisi sebagai wadah untuk sharing ilmu, dan mensosialisaikan materi yang didapatkan dari Program Guru Penggerak serta melaksanakan Aksi Nyata.

Sebagai pemimpin pembelajaran, maka saya akan berusaha untuk mentransfer dan menerapkan pengetahuan yang saya dapatkan di program guru penggerak ini di sekolah/lingkungan asal saya  melalui beberapa langkah, yaitu :

  1. Menyusun rencana program guru penggerak yang akan dilaksanakan di sekolah.
  2. Mengkomunikasikan dengan kepala sekolah untuk menyampaikan program-program yang sudah disusun tersebut.
  3. Membagikan materi yang telah didapatkan pada program guru penggerak ini melalui komunitas praktisi dengan melibatkan bapak/ibu guru/warga sekolah
  4. Mengajak teman sejawat di sekolah untuk berkolaborasi dalam menerapkan ilmu yang didapatkan dari Program Guru Penggerak

2. Apa langkah-langkah awal yang akan Anda lakukan untuk memulai mengambil keputusan berdasarkan pemimpin pembelajaran?

Sebagai Pemimpin Pembelajaran yang ingin mewujudkan Merdeka Belajar dengan Pembelajaran yang Berpihak Pada Murid, tentunya suatu saat akan dihadapkan pada situasi dilema dalam pengambilan keputusan, bagaimana mengambil keputusan yang bisa diterima bersama tanpa merugikan pihak manapun.

Langkah awal yang akan CGP lakukan adalah :

  1. Menganalisis apakah kasus yang dihadapi termasuk dilema etika atau bujukan moral

  2. Memastikan bahwa dalam mengambil sebuah keputusan sudah sesuai dan sejalan dengan visi dan misi yang telah kita susun dan sepakati bersama.

  3. Melakukan analisa terhadap kasus yang dihadai sehingga bisa menentukan paradigma apa yang terdapat pada kasus tersebut. Paradigma yang terjadi pada situasi dilema etika  bisa berupa : Individu Lawan Masyarakat (Individual vs Community), Rasa Keadilan Lawan Rasa Kasihan (Justice vs Mercy), Kebenaran Lawan Kesetiaan (Truth vs Loyalty), Jangka Pendek Lawan Jangka Panjang (Short Term vs Long Term). 

  4. Memilih / menentukan prinsip yang akan digunakan dalam pengambilan keputusan. Prinsip-prinsip yang dimaksud yaitu Prinsip Berfikir Berbasis Hasil (Ends-Based Thinking), Prinsip Berfikir Berbasis Rasa Peduli (Care-Based Thinking) Dan Prinsip Berfikir Berbasis Peraturan (Rule-Based Thinking)

  5. Menguji keputusan menggunakan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Langkah-langkah tersebut adalah : (1) Menentukan nilai-nilai yang bertentangan pada permasalahan yang sedang di hadapi (2) Menentukan siapa saja yang terlibat dalam situasi tersebut (3) Menentukan fakta-fakta yang relevan dalam situasi tersebut (4) Pengujian  benar  lawan  salah dalam situasi tersebut digunakan berbagai macam uji diantaranya : Uji Legal, Uji Regulasi/Standar Profesional, Uji Intuisi, Uji Publikasi, Uji Panutan/Idola (5) Pengujian paradigma benar lawan benar (6) Melakukan prinsip resolusi (7) Investigasi opsi trilema (8) Buat keputusan (9) Lihat lagi keputusan dan refleksikan

3. Mulai kapan Anda akan menerapkan langkah-langkah tersebut, hari ini, besok, minggu depan, hari apa? Catat rencana Anda, sehingga Anda tidak lupa.

Langkah-langkah pengambilan keputusan ini akan CGP terapkan ketika dihadapkan pada situasi dilema etika yang memerlukan pengambilan keputusan terbaik yang dapat menguntungkan semua pihak. CGP melakukan pengambilan keputusan dengan memperhatikan empat paradigma dilema etika, tiga prinsip dilema etika, dan sembilan langkah pengambilan dan pengujian keputusan, agar langkah yang diambil tepat dan efektif

4. Siapa yang akan menjadi pendamping Anda, dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran? Seseorang yang akan menjadi teman diskusi Anda untuk menentukan apakah langkah-langkah yang Anda ambil telah tepat dan efektif.

Dalam mengambil sebuah keputusan tentunya CGP tidak bisa sendiri, CGP sangat membutuhkan masukan dari pihak lain yang membantu, karena dalam hal ini CGP masih dalam taraf belajar bagaimana menerapkan ilmu pengetahuan baru ini dan masih harus terus berlatih dalam mengambil  keputusan berdasarkan  empat paradigma dilema etika, tiga prinsip dilema etika, dan sembilan langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Masukan bisa melalui diskusi dan berbagi sehingga langkah-langkah yang ambil dalam pengambilan keputusan bisa tepat dan efektif. Orang-orang yang bisa djadikan teman diskusi/pendamping dalam menjalankan pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran adalah rekan-rekan sejawat di sekolah, teman-teman Calon Guru Penggerak, kepala sekolah, orang tua siswa, siswa, komite sekolah, atau bisa juga pengawas sekolah.