
Musik dapat dijadikan pengantar atau pengiring pada saat kegiatan belajar mengajar (KBM) mulai dari siswa masuk kelas sampai pelajaran berakhir. Musik bermanfaat untuk mengeliminir suara bising yang kontraproduktif dengan aktivitas belajar. Hal ini tentunya memerlukan alat pengeras suara (meskipun diperdengarkannya tidak perlu keras) yang memadai pada setiap kelas untuk dijadikan sebagai media pengantar musik tersebut. Musik yang diperdengarkan pada umumnya berupa musik instrumental. Beberapa musik yang bisa di gunakan misalnya sebagai berikut :
- Siswa masuk kelas
- Sonata for two Pianos in D by Mozart
- Paganini for two by Nicoa Paganini
- The Universal (The Great Escape) by Blur
- Saat KBM berlangsung
- Saat Guru presentasi
- Canon in D by Johan Pachelbel
- Adagio in G minor by Tomaso Albioni
- Symphony No 38 by Mozart
- Overtime (Guaranteed) by Mark King and Group
- Saat Siswa melakukan aktivitas
- Mediterrano (The Seventh Heaven) by GOVI
- Rising in Love (The Seventh Heaven) by GOVI
- Walking on Clouds (The Seventh Heaven) by GOVI
- Saat siswa melakukan relaksasi
- Nocturne in E Flat Major by Frederic Chopin
- Pachelbel’s Canon in D by Mountain Picture
- Symphony no 6 by Ludwig Van Beethoven
- The Four Season by Antonio Vivaldi
- Water music by George Friedrich Handel
- Saat KBM selesai
- We are the Champion by Queen
- Theme Tube to the Lion King
- Celebration by Fun Factory
Selain yang disebutkan di atas, masih banyak musik yang bisa dijadikan sebagai pengantar dalam pembelajaran. Guru diharapkan selektif untk memilih musik yang akan digunakan sebagai pengantar pembelajaran sehingga musik tersebut dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar dan siswa tertarik untuk memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru